Waspadai E-mail Bervirus di Facebook


Kategori: Tips, trik

Kita yang acap kali berinteraksi lewat facebook, sudah saatnya waspada.Para hacker telah membanjiri internet dengan spam bervirus yang secara khusus menyerang 400 juta penguna layanan social networking ini dengan tujuan mencuri password bank dan mengumpulkan informasi sensitif lainnya. Menurut pembuat software antivirus McAfee Inc. spam tersebut menyaru sebagai e-mail yang memberitahu pengunanya bahwa passoword akun facebook mereka telah di-reset dan mereka disarankan untuk mengklik “attachment” dan membuat login baru. Jika attachment tersebut dibuka, ia akan langsung mengunduh beberapa jenis software jahat, termasuk sebuat program yang bertugas mencuri password, papar pihak McAfee.

Keteneran Facebook memang telah menjadikannya sasaran empuk bagi para hacker-antar lain dengan mengirimkan pesan-pesan berbahaya kepada pengunanya via sistem e-mail. Internal perusahan itu sendiri. Nah, dengan adanya serangan baru ini, berarti para pelaku kriminal tersebut telah beralih ke e-mail internet biasa untuk menyebarkan software  jahatnya.

Pihak McAfee mengestimasi para hacker telah menyebarkan puluhan juta spam di Eropa, AS, dan Asia. Dan mereka disebut-sebut telah sukses menginfeksi jutaan komputer secara global.

“Dengan Facebook sebagai iming-iming, mereka berpotensi membuat 400 juta orang mengklik attachment tersebut. Jika 10% saja diantaranya berhasil, berarti jumlah korannya sudah 40 juta,” tutur Dave Marcus (direktur riset dan komunikasi malware McAfee).

e-mail spam

Jadi, curigalah jika kamu menerima e-mail dengan judul “Facebook password reset confirmation customer support”. Itu pasti spam. (Keshie Hernitaningtyas)

thank’s to Sumber: PCPlus

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: