KESALAHAN PRODUSEN


Teliti sebelum Membeli Baterai

Banyak artikel yang mengangkat seputar baterai sebagai tajuk dari tulisan yang diangkatnya. Seperti seputar tips dan trik merawat dan menjaga baterai, cara pemakaian baterai yang benar guna batarei bisa bertahan lama dan lain sebagainya.

Teknik pengisian (charging) yang salah, keterangan kapastitas yang tidak benar, dan tidak dicantumkan tanggal produksi hanyalah beberapa kesalahan produsen yang masih dilakukan sampai sekarang. Berikut adalah hal-hal yang harus diperhatikan sebelum Anda membeli baterai dan charger-nya agar masa guna baterai lebih lama.

  • Teknik charging sudah kuno

Charger yang mengisi baterai nickel selama 14-16 jam dengan arus kecil (0,1 C) disebut slow-charger. Karena murah, ia banyak digunakan pada telepon seluler, PDA, CD Player, dan perangkat konsumber lainnya. Baru beberapa kali di-charge, akan terasa bahwa baterai langsung melemah, padahal perangkat baru dioperasikan sebentar-efek memori atau lazy battery sedang berkuasa. Slow-charger adalah pembunuh baterai yang utama. Sebaiknya, beli charger yang mampu mengisi penuh baterai nickel dalam waktu kurang dari 2 jam

  • Tanggal kadaluarsa

Usia baterai Li-Ion (lithium) sekitar tiga tahun. Setelah itu kapasitasnya turun dratis. Sayangnya, hanya sedikit produsen yang mencatumkan tanggal produksi. Jika mencatumkan pun, biasanya tertulis dalam bentuk kode yang sukar dimengerti. Karena itu, banyak produk yang mendekati masa kadarluasa tetap bebas dipasaran. Untuk menghindari salah beli, gunakan prinsip berikut:jangan beli baterai lithium tanpa tanggal produksi atau kadaluarsa.

  • Garansi Buruk

Baterai lithium sulit disimpan dan ia cepat menjadi aus. Karena itu, minta garansi minimal 6 bulan dari penjual. Jika ia tidak mamu memberikan garansi, produk tersebut pasti merupakan stok lama yang tidak laku-laku.

  • Katerangan kapasitas dilebih-lebihkan

kebanyakan baterai nickel memiliki kapasitas 10%-15% lebih rendah daripada keterangan yang tercantum pada kemasan. Salah satu contohm baterai dalam paket “15 Minute Charge & Go” anya berkapasitas 1.800 mAH, bukan 2.000 mAh seperti iklan dan lembar spesifikasinya.

  • Notebook salah konsep

Jika sebuah notebook terhubung ke stop-kontak untuk waktu yang lama, baterai Li-Ion (Lithium)-nya harus dikeluarkan dan disimpan ditempat sejuk. Namun, pada kenyataan notebook murah, baterai tersekrup pada casing atau berada di bawah keyboard sehingga sulit dijangkau. Ini berbeda dengan notebook dari produsen-produsen besar seperti Dell, Acerm Toshiba, IBM, atau yang lainnya. Letak baterai pada notebook-notebook bermerek ini mudah dijangkau dan mudah pula melepasnya.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: