Kenali Cara Kerja Harddisk Anda


harddisk

secara umum harddisk (HDD) merupakan sistem penyimpanan utama dalam PC atau laptop Anda. Kita akan mencoba mengupas cara kerja komponen-komponen di dalamnya harddisk itu sendiri.

Cakram

Berbagai program yang Anda gunakan seperti, dokumen, gambar, lagu, film, e-mail dan siste operasi (Windows)-umumnya disebut “data”. Disimpan dalam bagian penting hard disk yang disebut cakram. Diameternya berkisar antara 2,5 hingga 3,5 inci. Harddisk dengan kapasitas besar memiliki banyak cakram yang bertumpuk satu dengan lainnya. Cakram terbuat dari besi atau fiberglass, kaca, dan dilapisi dengan bahan magnetik di kedua sisinya. Partikel magnetik berukuran mikroskopik diatur dengan pola tertentu di dalam kedua sisi cakram untuk menyimpan data.

Mata

Mata pembaca bertanggung jawab untuk menyimpan dan membaca data dari cakram. Untuk “menulis” aliran listrik untuk mengatur partikel magnetik dalam pola tertentu pada permukaan cakram. Sementara, untuk membaca “data”, mata pembaca mempelajari pola dari partikel magnetik. Karena kedua sisi cakram digunakan, maka terdapat sepasang mata pembaca di setiap cakramnya. Walaupun selalu membaca dan menulis di cakram, mata pembaca tidak pernah menyentuh permukaan cakram melainkan melayang di atasnya dengan jarak yang sangat dekat.

Pemutar

Cakram harus berputar pada kecepatan yang sangat tinggi untuk menyimpan dan membaca data. Oleh karena itu, semua cakram memiliki pemutar yang terletak di tengahnya dan terhubung dengan kecepatan berputarnya tergantung dari model hard disk. Secara umum, pemutar harddisk memiliki kecepatan antara 4.200 dan 15.000 putaran permenit (revolutions per minute/rpm)

Motor

Mata pembaca harus mampu bergerak dengan sangat cepat di permukaan cakram untuk dapat membaca atau menulis data di lokasi yang berbeda. Lengan pembaca dan motor yang tersambung di lengan tersebut bertanggung jawab untuk gerakkan yang sangat cepat tersebut.

Mata pembaca terpasang di ujung lengan pembaca, sedangkan ujung lainnya terpasang banyak cakram. Maka lengan yang digunakan juga banyak dan tersusun rapi untuk tiap cakram. Semua lengan bekerja bersamaan.

Wadah

Karena celah yang ada di antara mata pembaca dan permukaan cakram sangat dekat, maka halangan kecil diantaranya seperti debu bisa menganggu pekerjaannya. Mata pembaca bisa “menabrak” cakram dan mengores permukaannya, yang pastinya menyebabkan kerusakan pada hard disk. Oleh karena itu, harddisk memiliki wadah yang tertutup sangat rapat. Jangan sekali-kali membuka wadah ini, karena debu dapat masuk dan merusak hard disk.

Track, sector

Data disimpan dalam bentuk pola partikel magnetik berukuran sangat kecil di permukaan cakram. Pola ini di atur dalam alur melingkar yang disebut “tracks”. Tracks terbagi dalam bagian yang disebut “sectors”. Data yang dimasukkan dalam harddsik tersimpan dalam sector. Biasanya, sebuah unit data disimpan dalam banyak sector karena ukurannya besar. Mata pembaca “mengambil” data dari sector dan merekammnya ke memori utama, yang akhirnya dapat Anda lihat di monitor.

Circuit board

Semua komponen elektronik yang mengatur motor dan mata pembaca tersambung pada circuit board. Circuit board sangat berpengaruh pada kenirja dan pengaturan hard drive. Bagian ini biasanya berada di bagian bawah hard disk. Fungsi pengaturan pada circuit board berkomunikasi langsun dengn sistem operasi (Windows) dan BIOS (chip khusus yang ada pada Motherboard komputer). Oleh karena itu,circuit board juga merupakan penghubung antara harddisk dan sistem komputer.

Kabel dan konektor

HDD adalah komponen terpisah yang harus dihubungkan dengan sistem komputer untuk dapat menjalankannya. Pada harddisk Anda akan menemukan konektor pipih dan lebar untuk menghubungkan kabel IDE. Kemudian, sisi lain dari kabel tersebut dihubungkan dengan konektor IDE di Mainboard. Melalui media kabel ini data dikirim dari HDD ke komputer, pada harddisk juga terdapat konektor listrik. Kabel listrik yang memiliki bentuk konektor unik dari komputer harus dihubungkanke harddisk supaya dapat memberi pasokan listrik.

Jumper

Pada harddisk Anda akan menemukan semacam pin jumper di dekat konektor data dan listrik. Sebuah penghubung plastik digunakan untuk mengaktifkan jumper, yang berguna untuk menentukan peran harddisk. Sebagai Primary (master) atau secondary (slave). Karena jumper, sebuah komputer bisa memiliki lebih dari satu harddisk

semoga bermanfaat

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: