Koneksi Internet dengan Ponsel


Posted By. Admin

Kartu XL


Untuk melakukan koneksi ke Internet, kartu XL GPRS harus aktif terlebih dahulu dan jika belum aktif silahkan melakukan aktivasi kartu ke CS XL terlebih dahulu ke nomor kontak 817, disana Anda akan berbicara langsung dengan operator dan silakan konfirmasikan kartu Anda mengenai status GPRS dari nomor XL yang Anda punya. Ada juga cara lain yang lebih mudah yaitu dengan mengirimkan SMS ke 9667 untuk mengkonfrimasikan status GPRS Anda dengan format SMS-nya [GPRS_merek ponsel_type ponsel], contoh GPRS Nokia N70. Lama atau tidaknya aktivasi yang dilakukan melalui SMS bisa jadi keadaan sinyal ditempat Anda atau hal lainnya. Silakan saja Anda gunakan dari kedua langkah tersebut untuk meminta konfrimasi aktif GPRS kartu Anda.

Kartu XL untuk setting-an GPRS sudah Anda aktif, kita akan mencoba membuat koneksi antara ponsel jenis Nokia N70 dengan kartu XL, langkahnya sebagai berikut:

[Setiap langkah demi langkah, bisa Anda lihat pada tampilan step di pojok kanan atas].

Nokia N70

Pertama, Anda harus memerlukan aplikasi atau perangkat lunak Nokia untuk nokia jenis N70. Nokia PC Suite. Aplikasi ini sudah Anda instalkan kedalam komputer atau laptop Anda terlebih dahulu. Pastikan aplikasi tersebut berjalan lancar dalam setup instalasinya sampai Finish.

Kedua, hubungkan kabel data Nokia CA53 ke komputer atau laptop Anda. Jika koneksi berjalan lancar tanpa masalah ditunjukkan semacam popup pada tray di desktop laptop Anda, tunggu keadaan hingga selesai sampai koneksi berjalan lancar dan ponsel Anda terdeteksi pada PC suite di Komputer Anda.

Ketiga, silakan Anda buka aplikasi Nokia PC Suite, yang sudah Anda instalkan pada komputer. Pada tampilan awal pilih menu One Touch Access. Menu ini berfungsi untuk melakukan setup dengan XL pada ponsel Nokia N70 Anda. Lihat gambar.

Pada tampilan yang terlihat, Anda klik icon configure pada panel one touch access. Fungsi panel ini adalah Anda harus memilih salah satu modem yang akan Anda pakai. Gunakan pilihan pada Nokia N70 USB modem. Ada 3 step dalam mengkonfigurasikannya, Seperti gambar.

Keempat, “Please select a modem from the list. This modem will be used when connecting to the network”. Pilih Nokia N70 USB Modem. Klik next untuk melanjutkan ke sesi berikutnya .

Kelima, pada tampilan ini Anda dihadapkan atas dua pilihan dalam menentukan netwok operator. Karena kita akan memasukkan secara manual bukan otomatis, Anda pilih “Configure the connection manually”. Pilihan ini melakukan konfigurasi secara manual guna memasukkan parameter secara manual.

Seperti gambar

Next

Isikan parameter sesuai dengan kartu XL Anda.

  • Access point  : www.xlgprs.net
  • Username     : xlgprs
  • Password      :proxl

Access point (APN): www.xlgprs.net, username: xlgprs, dan password: proxl. Additional initialisation commands Anda kosongkan. Klik simpan ditAndai dengan icon centang warna hijau) untuk menyimpan setting-an Anda.

Keenam. Setelah parameter seperti langkah diatas, Anda bisa melakukan koneksi dengan menekan tombol connect. Lihat gambar.

Ketujuh. Jika koneksi berhasil, ditAndai dengan keluar semacam popup pemberitahuan di tray, koneksi Internet dengan Modem Nokia N70 berhasil “ Nokia N70 USB Modem (OTA) is now connected

Coba Anda lihat icon internet connection di tray berkedip-kedip, icon ini menAndakan transfer upload dan download telah berjalan lancar. Namun, jika sebaliknya, icon tidak berkedip-kedip, coba Anda disconnect-kan dengan mengklik kanan dan coba lakukan lagi koneksi ulang dengan memilih enable pada local area network di network connections pada control panel.

Namun jika terjadi masalah setelah Anda membuka halaman web, tiba-tiba icon di tray mati sendiri, dengan keluar semacam peringatan connected failed tAnda icon disilang merah. Hal seperti ini coba Anda matikan dulu firewall pada komputer Anda.

Hal-hal lain yang harus diperhatikan selain konfigurasi adalah biaya yang harus dikeluarkan untuk melakukan koneksi, sebab koneksi dengan komputer atau laptop membutuhkan transfer, baik tranfer upload dan download data yang jauh lebih besar dibandingkan koneksi dari ponsel itu sendiri

Semoga bisa membantu, selamat mencoba.

One Comment to “Koneksi Internet dengan Ponsel”

  1. thanks brooo,…infonya bermanfaat

    thank,s Aji, saya sangat menghargainya.., semoga saya bisa membantu. salam

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: