The CHANGE starts from BLOG


Untuk apa nge-blog? Bila pertanyaan diatas diajukan kepada sejumlah blogger, tentu jawaban yang akan diterima akan sangat beragarm. Bergantung pada tujuan atau motivasi mereka membuat blog. Sebagian blogger di motivasi untuk mencari uang dengan menjual space iklan di blog mereka. Sebagian lagi mungkin mengejar ketenaran dan berharap manjadi selebritis di dunia maya.

Blog yang dibangun atas dua motivasi tersebut (uang dan ketenaran) apalagi sekedar mengikuti tren agar tidak disebut ketinggalan zaman biasanya tidak berumur panjang. Kalaupun ada yang bertahan lama, bisa dipastikan isinya tidak akan memberi manfaat yang besar kepada perubahan dunia.

Perubahan dunia? Tidakkah itu terlalu muluk? Mari perhatikan bagaimana informasi mengalir selama ini. Sebelum ada blog, informasi dikendalikan (dikuasai) oleh para pemilik modal atau penguasa (sosialisme). Merekalah yang membentuk opini di masyarakat dan menyetir kemana masyarakat harus bergerak. Blog menghancurkan tradisi tersebut dengan membuka simpul atau pintu informasi seluas-luasnya, tanpa ada lagi yang bisa membatasi.

Sekarang ini, kita sedang berada di awal tradisi baru informasi ini. Bila seseorang blogger hanya mengejar uang (rupiah) atau ketenaran. Dia tidak memberikan kontribusi untuk mengubah dunia. Bila Anda belum bermina menjadi blogger dan menyebarkan informasi yang jujur melalui blog. Bersiaplah untuk menjadi bagian sejarah, dan bukan pemainnya.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: