MEMPROMOSIKAN BLOG


Posted on January, 2010 by romezu
Blog merupakan layanan yang diambil alih oleh perusahaan besar seperti Google dengan memberikan layanan sepenuhnya kepada konsumen secara gratis. Banyak penyedia layanan sejenis yang memberikan ruang kepada kita untuk berkreatif, dalam hal ini contohnya, blog memberikan kita kebebasan dalam menuangkan ide-ide yang bermanfaat, misalkan saja “menulis”, memang blog tak lepas dari arti sempit, yaitu buku “diary online”. Nah, dari sini bisa kita lihat tidak semua orang mempunyai bakat menulis yang mendalam atau suatu arti yang lain, suka menulis, walau dari pengertian secara umum menulis adalah sebuah pekerjaan yang pasti dilakukan oleh setiap manusia didalam kehidupannya. Namun, blog didalamnya dituntut seseorang blogger untuk menulis sesuatu yang berguna dan membantu orang lain dalam menyingkapi suatu masalah ataupun suatu topik. Sekarang bagaimana blog yang merupakan diary kita itu dipromosikan kepada jutaan orang di dunia ini, melihat hasil ketikkan jari tangan kita sendiri. Dalam artikel ini saya akan mencoba memberi tata cara mempromosikan blog kepada orang lain.
Banyak yang bisa dilakukan untuk mempromosikan suatu blog atau suatu diary online agar dikenal oleh banyak orang, dan oleh blogger yang lain. Tapi si “empu” nya blog kadang-kadang tidak begitu mengerti etika dalam mempromosikan sebuah blog. Yang namanya “Etika” itu ternyata bukan dalam kehidupan saja, dalam duna maya sekalipun, etika juga sangat berperan aktif  jadi, kita dituntut untuk ber-etika dalam segala hal dan tak terkecuali juga dalam mempromosikan sebuah blog. Dalam tulisan pendek ini penulis mencoba memberi informasi penting bagi blogger pemula dan berkeinginan mempromosikan blog agar diterima serta di kunjungi oleh banyak sumber pembaca dengan cara yang baik dan benar.
Dalam mempromosikan blog yang telah mereka buat, kadang cara apapun ditempuh guna blog mereka menjadi terkenal. Hal yang menjadi utama dalam blog tentunya mengarahkan pengunjung kepada blog, dengan beragam informasi-informasi yang terkandung didalamnya agar dapat dilihat dan sampai secara maksimal kepada banyak pembaca terhadap blog.
Saya juga (blogger pemula) sama seperti blogger yang lain bukan blogger profesional, saya masih harus terus belajar dan belajar, tulisan pendek ini hasil paduan dan pembelajaran yang saya dapati dan dari pengalaman juga tentunya. Penulis tidak bermaksud mengatur siapapun, artikel singkat ini hanya suatu bentuk mencoba memberi bantuan untuk blogger pemula cara-cara mempublikasikan lagi blog dengan nuansa yang baik dan benar.
Cara menarik dan terbaik mempromosikan blog Anda
§ Mempromosikan blog Anda melalui mesin pencari (Search Engine),
Ada banyak layanan gratis yang menyediakan layanan untuk pendaftaran tersebut, dalam layanan-layanan yang ada tersebut, blogger dimudahkan untuk mendaftarkan blognya secara cuma-cuma. Suatu solusi yang dibilang praktis adalah dengan mengunakan auto web submit dengan layanan-layanan yang telah dijelaskan seperti diatas. Tapi tak tertutup juga kemungkinan lain, kita bisa mengunakan layanan lain dalma pencarian blog seperti Google blog search dan blogdigger, kedua penyedia layanan ini merupakan pencarian blog yang paling banyak digunakan sekarang ini, bisa dibilang hampir semua penyedia layanan blog mempunyai fasilitas pencarian dengan cara mengidex libk pada database mereka sendiri, selain itu kita sebagai blogger lebih diuntungkan apabila penyedia layanana blog tersebut mempunyai fasilitas ping, karena hal ini akan memudahkan seorang blogger mempromosikan blog yang telah dibuat. Seperti yang saya ketahui ada banyak bloger-bloger profesional yang membantu blogger pemula dan mereka telah membuat jaringan atau kumpulan dari blogger tanah air. Kita bisa share dengan mereka tentu dengan maksud dan tujuan yang baik agar kita sebagai pemula dapat tuntunan dari para ahli blogger, seperti o-om’ blog (Agus Ramadhani) misalnya. Salah satu web auto submit seperti my pangerank, layanan ini akan memudahkan kita mendaftarkan blog ke beberapa search engine ternama, seperti:
menurut yang saya ketahui, saya tidak bisa menentukan apakah dalam waktu tempo singkat situs Anda akan terdaftar, semua tergantung bagamaimana suatu search engine tersebut meng-index halaman blog atau situs Anda.
· Memberikan komentar pada posting suatu blog adalah salah satu promosi yang baik juga, sebagai seorang blogger, cobalah memberikan komentar-komentar (comment) pada blog yang dikunjungi, dengan cara ini cukup akurat dalam mempromosikan blog Anda.
· Dalam memberi komentar apapun pada blog yang dikunjungi, cobalah isi dengan komentar yang bersifat positif.
· Berikan pujian sewajarnya,apa adanya pada blog yang kita kunjungi, mungkin kita tak sengaja atau sengaja memberi pujian secara berlebihan terhadap blog orang lain, tapi belum tentu pujian yang agak berlebihan itu bisa diterima orang, kadang-kadang sebahagian orang pujian adalah hinaan.
· Dalam blog dikunjungi jika hendak memberi atau meninggalkan komentar, berilah komentar yang berbobot selaras dengan topik yang sedang diketengahkan.
· Jangan sekali-kali mencoba memberi komentar jelek, ajakan, atau melakukan spam terhadap blog yang dikunjungi itu misal,” siapa yang mengunjungi blog saya, aman dan terjamin”, “hai saya punya blog baru nih, mampir yah”, dan bahasa-bahasa lain yang mungkin serupa, menurut saya juga memang benar adanya, hal seperti ini kurang baik dan sangat menganggu pemilik blog yang dikunjungi.
· Melalui E-mail
Misalkan Anda mempunyai banyak alamat E-mail seperti dari saudara, teman-teman kantor, rekan bisnis,teman lama atau pacar. Cobalah saat mengirim E-mail ke alamat E-mail mereka itu, Anda memberi sedikit keterangan tentang alamat blog sebagai informasi lebih lanjut, tapi ingat tanpa melakukan paksaan untuk mengunjungi blog yang Anda informasikan, biarkan mengalir seperti air, kita pasti yakin salah satu di antara pasti akan mengunjungi informasi yang Anda sampaikan tentang blog Anda. Metode promosi blog melalui E-mail cukup akurat dan efektif, karena sebagai orang yang sibuk dengan urasan kantor dengan pekerjaan yang berhubungan dengan jaringan komunikasi melalui internet katakanlah begitu, yang namanya layanan gratis seperti E-mail pasti Anda punyai, dan melalui layanan ini cukup membantu mempromosikan atau mempublikasikan blog Anda.
· Pemakaian bahasa pada blog
Maksudnya disini, blog didukung dari beberapa perangkat bahasa dunia sebagai penunjang dalam blog, salah satunya adalah bahasa Indonesia yang mendukung penuh istilah atau kata-kata dalam rangka blog, berguna dan memudahkan untuk orang Indonesia saja tentunya Nah, maksud pemakaian bahasa disini adalah walau kita orang Indonesia, cobalah publikasikan blog Anda kepada pembaca di seluruh dunia, Ingat pembaca itu bukan orang Indonesia yang tersebar di dunia ini tapi bermacam-macam negara dan bahasa, dan hampir sebagian dari mereka itu (orang bule) bisa melihat dan membaca blog Anda (secara garis besarnya tentu bagi mereka yang online dengan Internet), disini cobalah Anda memasukan atau menulisan apa saja dengan mengunakan bahasa-bahasa didunia, bahasa apa saja yang Anda kuasai, sebut saja seperti mengunakan bahasa Inggris, Ferancis, Italia, dan sebagainya, dengan metode sini Anda bisa mempublikasikan blog Anda, siapa tahu masuk rangking dalam jajaran pencarian data dalam sebuah blog terbanyak oleh orang luar dan juga selain bisa dimengerti oleh mereka, dimengerti juga oleh search engine (mesin pencari).
§ Hindari pengunaan SPAM
Apa itu SPAM, suatu bentuk tindakan mempromosikan weblog/situs Anda tanpa memperdulikan waktu dan tempat. Pastikan tempat kita akan ber-promosi  sesuai dengan promosi yang Anda berikan, jika tidak sesuai dengan promosi yang Anda inginkan, cobalah kita pikirkan lagi metode atau jalan keluar yang baik agar orang menyukai dengan promosi Anda.
· Pasang iklan pada dunia nyata
Bukan hanya di dunia maya saja kita bisa mempromosikan blog yang kita punyai, jangan heran di dunia nyata sekalipun sesorang dapat dengan banyak cara mempubikasikan informasi tentang blog yang dimilikinya, menurut Mas Agus Ramadhani (O-OM’S Blog), memang tidak begitu banyak atau bisa dikatakan jarang seorang blogger mempromosikan blog-nya dalam kehidupan nyata, tapi menurut saya sendiri hal seperti inilah yang sangat bagus, kenapa? Kita lebih banyak beraktivitas atau hidup dalam kehidupan nyata ini, jadi secara tak langsung meng-iklankan tentang informasi blog lebih nyaman, kita sebut saja, jika kita PD tidak salahnya kita coba, seperti menyablon nama blog dengan penuh kreatifas pada baju (kaos oblong kita contohkan disini), yah kaos oblong dong, jangan baju kerja, nanti dimarahin lagi sama boss. Selain memudahkan atau teman melihat nama si-blogger, orang lain juga akan melihat dan jadi deh si blogger terkenal di kompleknya. Khan keren tuh, ya tapi tentu dalam hal sewajarnya saja bukan terlalu mencolok, selain tampil beda nama orang yang empu nya punya blog termpampang di bajunya, coba saja main-main ke plaza, siapa tau si blogger cepat terkenal, bukan di dunia nayata saja tapi di dunia maya pastinya. Hal-hal lainnya yang lebih manarik seperti, dalam iklan televisi, lewat radio, lewat kantor, kampus, pengumuman, media cetak, lewat SMS, lewat karya-karya lain yang Anda punyai. Atau jika Anda juga seorang fotografi, suka musik, melukis atau menciptakan kreasi suatu gambar pakai aplikasi photoshop katakan begitu, Anda bisa membuat link nama blog Anda terpajang kecil dalam media gambar yang Anda buat atau hasil jepretan photo tangan Anda sendiri. Semua cara untuk mempublikasikan blog tergantung Anda sendiri, tentu dengan cara positif tentunya, dan bisa saja terjadi, kalau si pemilik blog percaya diri alias PD.
§ Daftarkan blog kelayanan pihak ketiga
Layanan pihak ketiga memungkinkan blog Anda lebih dikenal luas ke seluruh dunia. Beberapa yang terbaik diantaranya dalam melakukan promosi blog adalah :
Tips untuk Technorati sering-seringlah melakukan ping dengan layanan ini, kebanyakan pengunjung technorati adalah para blogger juga, jadi gunakan keyword atau tag yang sepatutnya Anda gunakan yang berkaitan dengan blog Anda.
· Bertukar Link (banner exhange)
Barner Exchange untuk blogger baru :
v Carilah blog-blog yang sudah terkenal yang mempunyai rangking terbaik, selain meninggalkan jejak, hal ini akan membuat blog Anda ter-index oleh search engine.
v Lakukan saling bertukar link antar blogger baru/new blogger, langkah seperti ini tidak hanya membuat blog Anda dikenal tapi juga akan menjadi media pengingat alamat blog yang pernah dikunjungi
v Jangan pernah beranggapan punya perasaan buruk, marah, kesal dendam, merasa terhina jika tidak di link balik, berpikirlah positif mungkin saja blog yang pernah kita kunjungi orangnya lagi sibuk, lupa,atau tidak lagi online.
v Berikanlah komentar dengan cara bijak dan lebih halus namun menjanjikan, sebagai contoh “Artikel dalam blog ini sangat bermutu dan bermanfaat bagi saya, saya akan menyimpan link blog ini pada halaman favorit saya, dan saya pasti akan berkunjunf kesini lagi”.
Cara ini cukup akurat dan membuat pemilik blog merasa dihargai serta saya jamin blog yang dikunjungi akan melakukan hal yang sama.
Barner Exchange untuk blogger lama.
v Bagi para blogger yang sudah dapat nama (terkenal) berbagilah link dengan blogger baru, kenapa? Karena tanpa dukungan mereka blog Anda tidak akan berarti apa-apa.
v Memang bertukar Link dengan New Blogger/blogger baru tidak menguntungkan apa-apa dari segi web page rangking, dan malah menguntungkan blogger baru, tetapi ingat dalam hal lain blog Anda akan terus dikunjungi dan diingat dan diperhatikan serta memberikan kesan positif.
v Jangan merasa kesal dengan ulah blogger baru, maklumi saja mereka (blogger baru) masih pemula (termasuk saya sendiri) mungkin perlu waktu untuk belajar lebih banyak, coba Anda renungkan kembali bagaimana cara Anda ketika baru belajar mempromosikan blog, saya rasa mungkin sama, iya khan.
· Bergabung dengan forum / Mailing Lists
v Cara ini akan membuat relationship antar blogger.
v Carilah forum yang sesuai dengan topik blog Anda, jangan join atau share dengan tema yang berbau pornografi, jika topik tema blog anda mengetengahkan secara umum tentang perkembangan teknologi carilah tema dengan blog lain dan join dengan mereka dengan tema-tema sejenis agar blog Anda bisa menjadi salah satu bagian ikatan dari mereka.
v Berikan komentar-komentar atau menjawab semua persoalan yang membahas tentang suatu tema dengan baik dalam forum dan ingat jangan lakukan SPAM.
Sampai saat ini cara mempublikasi blog diatas cukup akurat dan hal terpenting dalam mempromosikan blog adalah hindari pengunaan SPAM. Gunakan cara yang wajar, bijak sesuai kaidah atau tata aturan dan petunjuk yang baik dan benar. Thanks
Dikutip dari :
Thanks to. Agus Ramadhani o-om’s.blog, o-om.com.

File under : KIAT SUKSES PROMOSI BLOG, Tips Blogging, Cara Membuat Blog

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: