Karena kita sudah seringkali dan sudah terbisa mengunakan Office 2007 di lingkungan tempat kerja, namun apa yang terjadi jika di suatu tempat masih mengunakan Office 2003 ?. Sudah tentu file yang kita simpan itu tidak bisa ditampilkan dalam Office 2003. Kenapa ? untuk Office word 2007 contohnya, file yang telah tersimpan tersebut berekstensi file docx, sedangkan pada Office word 2003 hanya tersedia berekstensi doc, jadi Office 2003 tidak akan bisa membuka file yang berformat docx tersebut, walaupun bisa tentu kita akan mengkorvesikan terlebih dahulu lewat internet, ruwet bukan ?. Begitu juga untuk file-file lain seperti excel, powerpoint dan file lainnya.

Namun kita bisa saja saat mengetik sesuatu dalam Office 2007 dan menyimpannya, kita alihkan dalam format doc, tapi bagaimana jika kita lupa, tentu akhirnya format tersebut tetap berakhir docx.
Kita mencoba menetapkan atau membuat default Save As dari Office 2007, agar tetap dalam bentuk doc (default-docx) walaupun kita mengunakan word 2003.
Langkah-langkahnya sebagai berikut :
1. Klik Office Button yang ada pada sudut kiri atas Office 2007.

2. Setelah tampil arahkan kursor pada menu Word Options yang berada pada bagian bawah menu, seperti gambar, klik untuk melanjutkan.

3. menu selanjutnya, dalam menu word options tersebut ada terdapat bermacam kegunaan dan fasilitas untuk lembar kerja kita. Arahkan kursor pada menu Save, seperti gambar lalu klik.

4. Setelah klik menu save, akan tampil konfigurasi dokumen yang akan disimpan. Seperti gambar.

5. Pada bagian Save Documents, arahkan kursor pada Save files in this format : disana terdapat tanda panah, klik lalu akan di tampilkan menu tersebut slide ke bawah. Seperti gambar berikut.

6. Setelah tersorot ke bawah seperti gambar di atas, pada Save file in this format, paling atas default-nya Word Document (*docx) ini bawaan save as default dalam pemakaian Office Word 2007, yakni format docx. Jadi format save file inilah yang akan kita ganti dan membuat default untuk save as untuk file-file kerja kita nantinya.
7. Dalam Save file in this format tersebut, kita lihat rangkaian bentuk penyimpanan file yang berlaku dalam Office Word 2007, agar lembar kerja kita tetap berformat doc dalam Office Word 2007, kita arahkan kursor dan klik “ Word 97-2003 Document (*doc) “.

8. Setelah kita klik Word 97-2003 Documents (*doc). Lalu klik OK.

9. Hasilnya, apabila kita bekerja dengan Ofice word 2007, bentuk penyimpanannya tersebut akan berformat doc.
10. Jika kita ingin kembali ke bentuk semula berformat docx, atau ingin menganti dengan format lain, dapat kita lakukan langkah seperti di atas.
11. Selesai.

Selamat Mencoba

Copyright @romezu2009

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: