Ada Apa dengan Notebook


Basic Notebook
DeCember 28, 2009

Meski menawarkan kekuatan dan feature yang sama, notebook dapat menyaingi komputer desktop. Hal ini dikarenakan notebook mudah dibawa ke mana saja. Yuk, kita lihat lebih dekat lagi, feature apa saja yang ada didalam notebook ?

Tombol Power On/Off
Tombol power on/of dari kebanyakan notebook biasanya terletak dibagian atas keyboard. Tombol ini dalam keadaan hidup atau “on” terhadap noteook di tunjukkan dengan menyalanya indikator LED, begitu juga dengan panel LED yang lain yang berfungsi memberi status komunikasi, karena setiap LED yang lain selain LED tombol power tersebut, juga terdapat indikator LED yang juga diberi simbol yang berhubungan dengan status dan atktivitasnya.

Soket Power
Soket power merupakan tempat menghubungkan power adaptor, sebagai tempat untuk men-charge baterai built-in notebook. Power adaptor merubah arus AC menjadi arus DC yang bisa diterima oleh notebook PC. Power yang digunakan Notebook PC dibagi menjadi 2 bagian, yaitu power adaptor dan baterai power sistem.

Layar TFT LCD
Pengunaan teknologi thin-fi lm transistor pada Liquid Crystal Display. Pengunaan layar ini juga termasuk bagian dari yang disebut active matrix LCD. Selain pada layar notebook, dapat ditemukan juga pada projektor, monitor LCD, bahkan mulai pada tahun 2004 juga mengantikan CRT pada televisi.

Optical Drive
Optical drive pada notebook mirip dengan yang dimiliki komputer desktop. Dalam notebook optical drive ini ada terpasang langsung dengan notebook, tapi ada pula notebook yang tidak mempunyai optical drive, dinamakan dengan optical drive eksternal, dan biasanya dalam penjualannya ada di jual terpisah. Bedanya optical drive pada notebook dengan komputer desktop, Anda harus mendorong tray ke arah dalam secara manual, sedangkkan pada komputer desktop, Anda perlu menekan sebuah tombol di dekat tray. Fungsi dari Optical drive atau yang biasa disebut Drive optik berfungsi menjalankan atau memanggil program dari CD atau DVD, juga berfungsi membuat CD dengan mengunakan CD-R, CD-RW, DVD-R atau DVD-RW terganutng jenis drive optik yang digunakan.

Keyboard
Peripheral untuk input data di komputer dengan konfigurasi tombol QWERTY. Selain dari konfigurasi tombol QWERTY, sebuah keyboard komputer juga dilengkapi standar tombol-tomvol lainnya untuk dapat mengunakan semua fitur yang dimiliki oleh sebuah komputer.
Keyboard built-in pada notebook memiliki banyak feature dibandingkan dengan keyboard biasa yang lebih ergonomis. Awalnya produsen notebook lebih mementingkan desainnya yang compact daripada kenyamanan pengunaan keyboard. Tapi lain halnya dengan desain keyboard notebook sekarang, bisa kita lihat banyak produsen notebook berbagai merk notebook mementingkan kenyamanan pengunaan keyboardnya yang lega.

Touchpad
Pada umumnya, notebook pasti dilengkapi dengan touchpad ini. Apa itu touchpad? Perangkat yang berguna sebagai penganti mouse yang digunakan untuk mengarahkan kursor pada monitor. Touchpad bekerja dengan mengenali pergerakan jari dan penekanan jari pada permukaannya.

Port USB 2.0
Port USB 2.0 berguna untuk menghubungkan notebook dengan perangkat lainnya, seperti, mouse eksternal, optical drive, printer, flash disk dan lainnya. Dalam notebook saat ini, jumlah port USB ada yang berjumlah 3 port atau hanya 2 port USB saja.
Slot PCMCIA Card
Hampir sama dengan slot PCI pada komputer desktop, notebook juga menawarkan pengembangan pada slot PCMCIA-nya, yang dapat menerima PCMCIA card. PCMCIA card dapat digunakan untuk modem, LAN, WIFI, dan lainnya. Notebook keluaran terbaru kini sudah dilengkapi dengan slot mini PCMCIA, versi terkecil PCMCIA card yang memiliki kapasitas dan tenaga yang lebih kecil.

Pointing Stick
Ini merupakan input device yang biasa digunakan pada notebook, alat ini digunakan karena mouse eksternal kurang mendukung mobilitas. Bentuk pointing stick mirip dengan ujung penghapus pensil, dan terletak di bagian tengah keyboard. Namun dari perkembangan notebook sekarang fungsi pointing stick ini ada perubahan letaknya, mungkin terletak dekat toucpad atau tidak ada sama sekali.

Port Lan
Port ini digunakan untuk menghubungkan kabel Ethernet untuk internet atau jaringan. Pada umumnya, notebook menawarkan koneksi Ethernet 10/100 Mbps.

Port PS2
Ini digunakan untuk PS2, biasanya keyboard dan mouse, banyak yang lebih memilih mengunakan keyboar yang berukuran besar dan mouse dibandingkan dengan mengunakan keyboard dan touchpad notebook yang kaku. Tapi seiring dengan perkembangan notebook dan juga port, masih ada notebook yang mengunakan port PS2, namun ini juga sudah mulai ditinggalkan atau diganti dengan port USB, dan kebanyakkan notebook sekarang sudah mendukung port USB.

Port Parallel
Lebih sering digunakan untuk terhubung dengan printer. Oleh sebab itu port parallel ini lebih banyak dijumpai pada notebook lama yang mengunakan koneksi port parallel, sedangkan printer terbaru saat ini sudah banyak yang mengunakan konektivitas USB.

Video-Out
Video-out dapat digunakan untuk menampilkan layar TV, fungsinya hampir sama seperti video-out pada VGA card. Konektivitas video-out dalam notebook sekarang ada yang terpasang dalam sebuah notebook dan ada juga tidak, tapi sekarang untuk sebuah notebook, port monitor VGA sudah banyak digunakan dalam hal menghubungkan monitor VGA (Monitor, LCD, Proyektor).

Air Vent
Ventilasi ini berfungsi untuk menjaga notebook tetap dingin, yaitu mengeluarkan udara panas dari dalam laptop, jadi fungsi air vent sangat penting untuk sebuah notebook, oleh karena itu jangan sekali-kali menutup ventilasi ini dengan apapun.

Jack Audio
Jack audio yang ada pada sebuah notebook, memungkinkan kita untuk menghubungkan beberapa alat seperti speaker, mikrofon, peralatan audio lainnya. Pada bagian jack audio ini biasanya terbagi beberapa kategori seperti S/PIF Out Jack yaitu audio digital output, Jack Microfon yang mendukung mikrofon eksternal, Jack Headphone yang berfungsi mendukung audio (speaker, headphone)
Thank to: CHIP©Copyright2008

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: