Apa Sih.. ?


Desember 29, 2009
Basic

Mungkin kita sering menemui istilah-istilah yang berhubung dengan komputer, Bingung dengan istilah-istilah tersebut.. ? Kita akan mencoba membantu mengartikan istilah-istilah yang acap kali kita jumpai dalam komputer.

Bookmark
Bisa kita bayangkan jika Anda mengunakan fasilitas internet setiap hari, pasti akan menemukan banyak website-website yang menarik. Akhirnya kita lama-kelamaan kita tentu mengalami kesulitan untuk mengingatnya satu persatu, bukan? Untuk itu, Netscape datang dengan konsep Bookmark. Seperti halnya bookmark pada buku, istilah ini di internet juga berfungsi untuk menandai halaman Web yang kemudian di masukkan ke dalam list tertentu. Jadi dengan begitu, akan memudahkan Anda jika ingin mengunjungi kembali website tersebut. Pada browser seperti IE atau Internet Explorer, atau juga firefox istilah bookmark dikenal dengan nama “Favorites”.

CRT (Cathode Ray Tube)
CRT merupakan kependekan dari Cathode Ray Tube, merupakan teknologi yang digunakan untuk menampilkan gambar pada layar monitor komputer. CRT bekerja dengan memantulkan cahaya elektron melalui layar belakang tabung (vacuum tube), tampilan belakang tube terbungkus fosfor berwarna merah, hijau, dan titik-titik biru, yang memancarkan cahaya saat terbentuk oleh elektron. Tiap kali cahaya tersebut melewati layar, cahaya tersebut akan menyinari titik fosfor di dalam tabung kaca dan menerangi bagian layar yang aktif, dimulai dari atas hingga bagian bawah layar sampai terbentuk sebuah gambar. Hal ini berlangsung dengan sangat cepat.

KILOBYTE
Kilobyte merupakan kepanjangan dari “KB”, suatu istilah untuk kapasitas penyimpanan atau ukuran memori komputer. Ukuran dari file dan folder pada komputer juga ditunjukkan dengan mengunakan kilobyte. Sebenarnya satu kilobyte sama dengan 1.000 byte. Namun, dalam istilah komputer, satu kiloyte sama dengan 1024 kilobyte, sedangkan 1024 kilobyte berarti 1 megabyte (MB), dan 1024 MB sama dengan 1Gigabyte (GB).

KILOBYTE
Merupakan singkatan dari Liquid Crystal Display. LCD merupakan istilah yang sering digunakan atau sudah merupakan perangkat utama pada layar laptop, dari namanya mungkin kita bertanya, apakah monitor itu benar-benar terbuat dari benda cair? Jawabannya “ya” dan “tidak”, namun lebih mendakati cair. Anda dapat merasakannya saat Anda mencoba menekan jari Anda pada layar LCD. Layar LCD terasa lunak, berbeda dengan monitor desktop atau CRT yang terasa keras. Saat jari Anda menekan LCD, terlihat ada molekul seperti benda cair yang bergerak. Mungkin karena inilah dinamakan Liquid Cristal Display.

RSS
Singkatan dari Really Simple Syndication. RSS mirip dengan format XML. RSS umum digunakan pada website khsusus (seperti weblog) yang akan memberitahukan pada pengunanya jika ada berita, headline, atau tema forum diskusi yang baru di update. Biasanya, pemberitahuan yang dikirimkan oleh RSS melalui E-mail ini berupa informasi singkat mengenai berita yang baru di update. Sementara berita lengkapnya bisa dilihat dengan mengklik link yang disertakan.

Wi-Fi
Singkatan dari Wireless Fidelity. Merupakan wireless netoworking standar untuk komunikasi antar-PC atau PDA. Wi-Fi tidak seperti jaringan komputer biasa, bedanya Wi-Fi tidak mengunakan kabel. Selain itu, jika perangkat wireless Anda sudah dilengkai dengan teknologi ini dan dekat dengan Acess Point yang lebih dikenal hoptspot, Anda dapat tersambung langsung dengan internet. Wi-Fi tersedia dalam beberapa jenis yang dibedakan dengan huruf dan angka, yakni 802.11a dan 802.1g. kombinasi alphanumerik ini menunjukkan kecepatan koneksi.sebagai contoh, 802.11g memiliki kecepatan 54 MBps.

VoIP
VoIP merupakan singkatan dari Voice over Internet Protocol (IP Telephony). Teknologi ini memungkinkan panggilan telepon melalui internet. Dengan VoIP, Anda dapat mengirimkan suara, fax, da informasi lain lewat internet. Dibandingkan dengan telepon biasa, biaya VoIP jauh lebih murah.

MMS
MMS singkatan dari Multimedia Message Service, feature pada ponsel yang mirip dengan Short Message Service (SMS), namun dilengkapi dengan gambar, animasi, suara, dan video. MMS juga mendukung alamat E-mail. Oleh karena itu, Anda dapat mengirimkan E-mail langsung mengunakan alamat E-mail. Meski bisa mengirimkan pesan ke E-mail, MMS tidak sama dengan E-mail dan tidak mendukun attachment. MMS khusus di program seperti layaknya file presentasi yang bisa menampilkan gambar, suara, serta teks sederhana.

Thank’s to, ComputerEasy@Copyright2005

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: